Manfaat & Cara Membuat Masker Kefir Untuk Wajah

Apa saja manfaat masker kefir untuk wajah, akan diulas disini. Ketahui juga cara membuat masker kefir sendiri yang mudah  dilakukan dirumah. Kefir merupakan bahan yang terbuat dari susu kambing atau susu sapi, sama seperti yoghurt yang di fermentasikan. Namun kefir yang di buat ini, biasa di gunakan sebagai perawatan untuk kecantikan kulit wajah agar menjadi lembut, bersih, dan sehat.

Sedikit mungkin hampir sama kefir dengan yoghurt, hanya saja molekul pada kefir ini lebih kecil sehingga sangat mudah untuk di serap oleh tubuh atau kulit. Banyak sekali manfaat dan khasiat yang di dapatkan dengan menggunakan masker kefir ini untuk kesehatan mapun untuk kecantikan kulit wajah khususnya.

Masker kefir merupakan masker yang terbuat dari bahan susu, seperti susu sapi atau susu kambing yang telah di fermentasikan atau dengan cara di endapkan. Manfaat dan khasiat menggunakan masker kefir ini sangat berguna sebagai proses detoksifikasi racun akibat pemakain kosmetik yang berlebihan.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara membuat masker kefir dan manfaat menggunakan masker kefir untuk kulit wajah. dan di bawah ini beberapa bahan yang perlu di siapkan untuk membuat masker kefir dibawah ini.

Cara membuat masker kefir

Cara Membuat Masker Kefir

  1. Langkah pertama yaitu siapkan terlebih dahulu bibit kefir atau biji. Untuk mendapatkan bibit kefir ini anda bisa membelinya di toko khusus atau bisa mendapatkannya secara online. Bibit kefir yang telah anda dapatkan harus di simpan pada wadah yang bersih dan bening dari bahan kaca, hindari kontiminasi dengan bahan-bahan zat kimia, dan simpanlah pada tempat yang dingin.
  2. Siapkanlah wadah dan sesuaikanlah dengan kebutuhan, atau kira-kira antara ukuran 250 ml. setelah kefir di simpan pada wadah, tutup dengan penutup biasa tapi jangan terlalu rapat agar kefir dapat mengembang dan bernapas. Hindari penggunaan wadah yang terbuat dari plastik, karena terdapat bahan kimianya. Untuk memastikan wadah benar-benar bersih, anda bisa mencucinya dengan air panas, kemudian keringkan.
  3. Kefir terbuat dari susu murni seperti susu sapi atau susu kambing. Susu yang mengandung banyak lemak, membuat rasa yang begitu tajam dan tekturnya sama dengan yoghurt, dan sangat cocok untuk di minum. Untuk mendapatkan kefir yang lebih kental, anda bisa menambahkannya dengan sedikit krim.
  4. Perlu anda perhatikan:
  • Untuk membuat kefir sendiri, gunakanlah air suling dengan memakai bahan dasar air
  • Gunakanlah perasan susu kambing yang mudah untuk di cerna, apalagi jika anda terkena laktoa intoleransi
  • Santan kelapa yang di endapkan atau di fermentasikan dengan kefir bia anda jadikan sebagai bahan dasar minuman sehat
  • Gunakanlah antan murni yang mudah untuk di temukan, dan hindari bahan tambahan seperti gula dan lainnya
  • Siapkan wadah yang terbuat dari gelas, kemudian masukan 2 sendok biji kefir. Dengan ini anda bisa memulainya dengan jumlah yang cukup, terlebih akan menghasilakan rasa yang lezat. Setelah terbiasa membuatnya, anda akan bisa menyesuaikan dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan anda
  • Setelah itu, anda bisa menuangkan susu 2 ½ pada wadah. Wadah ini jangan terlalu penuh untuk di isi, ini bertujuan untuk pernapasan dalam proses fermentasinya. Anda bisa mengisinya antara 2/3 saja
  • Simpan wadah pada suhu kamar yang gelap, kemudian tutup. Agar proses fermentasinya berjalan dengan baik, hindari penyimpanan kefir ini di dalam lemari es. Tentukanlah penyimpanan kefir ini pada lemari yang tertutup.
  • Biasanya proses fermentasi ini berlangsung sampai kurang lebih 8 jam. Jika anda ingin menggunakan kefir saat pagi hari, maka lakukanlah proes ini sebelumnya di malam hari. kefir ini akan semakin kental dan tajam jika di biarkan terus. Setelah proses fermentasi selesai maka kefir ini siap untuk di gunakan oleh anda.
  • Itulah beberapa tahapan untuk membuat masker kefir, adapun masker kefir grain, masker kefir kolostrum, dan maker kefir buah. Cara untuk membuatnya sama, hanya aja campuran bahannya yang sedikit berbeda.

Manfaat Menggunakan Masker Kefir

Manfaat masker kefir untuk wajah

  1. Bermanfaat untuk mengatasi jerawat pada kulit wajah yang di akibatkan kerena lemak yang berlebihan pada lapisan bawah kulit bawah
  2. Bermanfaat untuk meghilangkan tanda penuaan dini, seperti timbulnya kerutan atau garis pada kulit wajah
  3. Bermanfaat untuk mengatasi iritasi yang di sebabkan karena penggunaan produk krim yang mengandung mercury atau logam berat
  4. Bermanfaat untuk memutuskan siklus kulit yang di sebabkan karena penggunaan krim yang berlebihan
  5. Bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah, sehingga terlihat awet muda
  6. Bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah anda, sehingga terlihat bersinar

Cara Menggunakan Masker Kefir untuk Kulit Wajah

Cara yang bisa anda lakukan untuk menggunakan masker kefir untuk kulit wajah yaitu sangat mudah sekali. Pertama, bersihkanlah terlebih dahulu wajah anda menggunakan air, kemudian aplikasikan masker kefir ini pada wajah anda secara merata, dan hindari penggunaan terlalu tebal. Gunakanlah kuas, kalo tidak ada, gunakanlah tangan yang berih. Biarkan selama kurang lebih 30 menit. Telakhir, basuh dengan air dingin sampai bersih.

Demikian informai tentang Masker Kefir yang bisa anda jadikan sebagai perawatan untuk kecantikan wajah anda. Semoga informasi ini menjadi referenasi dan bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya. Terimakasih

  • Add Your Comment