Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis & Efek Sampingnya

Bagi Anda yang mempunyai jerawat, cobalah cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis karena tidak sedikit orang yang sudah membuktikan keampuhannya. Anda dapat memakainya secara langsung ke bagian wajah berjerawat dan lebih baik juga untuk meminum secara rutin air jeruk nipis tanpa gula untuk membantu penyembuhan jerawat dari dalam tubuh.

Air jeruk nipis yang langsung dioleskan ke wajah bisa saja dapat menyebabkan iritasi tergantung kondisi kulit seseorang khususnya yang memiliki kulit sensitif, Oleh karena itu lebih baik diencerkan dulu dengan air.

Jeruk nipis bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan pembekakan pada kulit. selai itu Air jeruk nipis dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Khasiat jeruk nipis kadang-kadang sangat cepat, terutama untuk masalah kulit berminyak dan menghilangkan pori-pori tersumbat.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat

Banyak orang percaya bahwa air perasan jeruk nipis ampuh untuk menyembuhkan jerawat. Mari kita bahas bagaimana cara menggunakan jeruk nipis untuk jerawat, bagaimana cara kerjanya, pro dan kontra karena tidak semua orang cocok menggunakan jeruk nipis untuk wajah mereka, banyak juga orang yang menderita alergi jeruk nipis.

Baca juga: masker jerawat alami

 

Cara Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Jerawat:

Cuci wajah: Basahi wajah Anda dengan air hangat lalu gunakan sabun pencuci muka, bilas lagi dengan air hangat sampai bersih. Lap dengan tisu atau handuk bersih dan biarkan sampai kering sekitar 5-10 menit.

Ambil air jeruk nipis: Belah dua jeruk nipis dengan pisau bersih dan peras airnya kedalam mangkuk.

Oleskan ke wajah: Oleskan air jeruk nipis ke wajah dengan menggunakan bola kapas ke bagian kulit wajah yang berjerawat. Anda akan merasakan pedih dan sedikit gatal, itu reaksi normal. Tapi, jika terasa sangat pedih berarti kulit Anda sensitif dan perlu menambahkan sedikit air kedalam air perasan jeruk nipis tadi.

Biarkan meresap: Biarakan jeruk nipis mengering dan meresap sekitar 20 menit. Bilas dengan air hangat. Jika kulit wajah Anda terasa kering oleskan pelembab. Anda dapat menerapka pelembab alami seperti irisan mentimun.

Bagaimana cara kerja jeruk nipis dalam menghilangkan jerawat:

Jeruk nipis memang memiliki kualitas untuk bersaing dengan obat anti jerawat lainnya tapi dengan harga yang murah untuk dicoba sekaligus dapat membersihkan kulit wajah Anda. Berikut ini adalah manfaat jeruk nipis untuk jerawat:

Mengurangi minyak berlebih: Jeruk nipis memiliki kandungan asam. Astringents pada jeruk nipis berfungsi untuk menyempitkan jaringan tubuh dan memaksa minyak keluar dari dalam kulit.

Membunuh bakteri: Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai antiseptil. Bakteri tidak akan mudah berkembang dalam kondisi asam sehingga dapat membantu mengurangi bakteri yang hidup diluar dan didalam kulit.

Murah dan mudah didapatkan: Harga jeruk nipis relatif murah, Anda bisa beli di warung atau pasar biasa Anda berbelanja.

Mengurangi kemerahan: Kemerahan yang disebabkan oleh jerawat akan berkurang dengan penggunaan air jeruk nipis.

Menyamarkan bekas jerawat: Banyak orang percaya bahwa dengan jeruk nipis juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Bagi Anda yang memiliki jerawat parah:

Jeruk nipis bisa saja ampuh untuk kondisi jerawat biasa, tapi untuk yang sudah parah mungkin memerlukan perawatan rutin dan ekstra. Penting untuk berkonsultasi pada dokter kulit untuk tingkat jerawat yang parah seperti jerawat batu. Perlu diperhatikan juga pemakaian yang berlebihan dalam jangka waktu dan tingkat keseringan karena jeruk nipis juga walau alami tetap bisa memiliki efek samping.

Efek samping jeruk nipis

Walaupun jeruk nipis dipercaya memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat, namun belum ada penelitian secara medis. Berikut adalah beberapa efek samping jeruk nipis untuk wajah yang harus diwaspadai dan bisa saja timbul pada wajah Anda.

Kulit Kering: Jika kulit wajah anda termasuk kulit kering, maka pemakaian jeruk nipis untuk wajah berjerawat dapat membuat kulit Anda lebih kering lagi. Untuk kulit normal bisa menyebabkan kulit anda kering. Untuk itu mencampurkan pelembab alami atau mengaplikasikan pelembab setelah pemakaian jeruk nipis bisa menjadi solusi.

Terasa perih: Kandungan asam pada jeruk nipis akan menyebabkan jerawat anda terasa perih dan bisa saja berdarah.

Menipiskan kulit: Astringents pada jeruk nipis bisa mengelupaskan kulit luar pada bagian kulit wajah yang diolesi.

Gatal-gatal:  Pada kondisi kulit tertentu bisa saja kulit wajah anda merasa gatal-gatal yang sangat. Walaupun, sedikit rasa gatal setelah menggunakan jeruk nipis itu wajah. Namun, jika sangat gatal segera hentikan.

Bintik hitam muncul: Pada kondisi kulit tertentu terutama jika kulit Anda gelap, bisa saja setelah pemakaian menyebabkan bintik hitam muncul.

Itulah pembahasan tentang manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat sebagai pengobatan alternatif alami untuk jerawat. Jangan ragu untuk konsultasikan pada dokter atau ahlinya untuk hasil yang lebih optimal.

Adakah pembaca disini yang sudah mencoba menggunakan jeruk nipis untuk jerawat? Silahkan sharing di komentar.

Baca juga: Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat