Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Tips menjaga kesehatan reproduksi wanita – Tahukah anda apa itu kesehatan reproduksi? Kesehatan reproduksi yaitu keadaan kesehatan baik secara fisik, mental, sosial yang utuh dan bukan hanya terbebas dari penyakit akan tetapi bagaimana seseorang dapat memiliki kehidupan sek yang aman sekaligus memiliki kapasitas untuk bereproduksi.

Tips-Menjaga-Kesehatan-Reproduksi-Wanita

Sejauh manakan anda menjaga kesehatan reproduksi? Menjaga kesehatan reproduksi wanita sangatlah penting dan harus seteliti mungkin. Karena hal ini berhubungan dan mendukung proses kehamilan dan persalinan. Ada bebera cara yang dilakukan untuk mejaga kesehatannya, seperti cara dibawah ini disimak dengan baik yaa !!!

Kesehatan reproduksi wanita …

1.Jagalah selalu kebersihan daerah reproduksi anda setelah buang air kecil ataupun buang air besar dengan membasuh dari arah depan kebelakang.

2.Seringlah mengganti pembalut saat datang masa menskulasi setiap 6 jam sekali atau lebih tergantung dari banyaknya mengeluarkan cairan ( darah ).

3.Jika anda sering melakukan kebiasan douching yaitu memasukan jari atau ejakulasi kedalam mulut vagina, walaupun itu bertujuan untuk membersihkan bagian dalam vagina. Hal ini dapat menghilangkan bakteri baik ( loctobacili ) serta dapat memicu terjadinya iritasi.

4.Sebaiknya menghindari pemakaian sabun ataupun pewangi pada area kewanita, karena hal ini dapat memicu terjadinya iritasi atau alergi kulit, kering dan menjad gatal.

5.Biasakan suami atau istri membersihkan alat kelamin setelah melakukan hubungan seks dengan menggunakan air bersih. Biasakan juga anda untuk buang air kecil setelah berhubungan seks setidaknya 30 menit, hal ini bertujuan untuk menghindari atau mengurangi resiko infeksi kandung kemih.

6. Gantilah secara rutin celana dalam setidaknya 2 sampai 3 kali sehari atau lebih jika dirasa tidak nyaman. Gunakan panty liner jika anda mengalami keputihan yang banyak tapi jangan membiasakan memakai panty liner setiap hari karena akan menimbulkan masalah penyakit Ada baiknya anda tidak menggunkan celana dalam ketika tidur hal ini bertujuan agar sirkulasi udara dan darah menjadi lancar.

7.Perhatikan jika kondisi keputihan anda terjadi diluar waktu sepereti menjelang atau sesudah haid, kehamilan, rangsangan seksual, klimakterik atau setelah menopause. Apalagi jika keputihan keluar dengan jumlah yang banyak, berbau amis, berwarna kuning, hijau ataupun kecokelatan dan disertai rasa gatal segeralah periksa dan konsultasikan kepada dokter.

8.Hindari pemakaian cairan pembersih vagina hal ini karena dapat menimbulakn efek samping bahkan menghilangkan ph baik dalam vagina. Karena pada dasarnya vagina dapat mempersihkannya sendiri tanpa harus menggunakan sabun atau cairan pembersih.

9.Hindari seks bebas atau berganti-ganti pasangan, hal ini bertujuan agar terhindar dari penularan penyakit alat kelamin.

Sepertinya itulah beberapa tips menjaga kesehatan repoduksi wanita. Semoga informasi diatas bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai cara menjaga kesehata alat reproduksi.

Add a Comment