Kenali Dampak Buruk dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Hai ladies .. Sejauh mana kamu menjaga kesehatan reproduksi kalian menjelang remaja? Hmmm menjelang masa remaja seharusnya kalian harus paham tentang menjaga kesehatan reproduksi kalian. Hal ini karena kalian akan menghadapai berbagai perubahan fisik dari luar dan dari dalam seperti saat datangnya masa menskulasi, dimana kalian harus benar-benar teliti mejaga kebersihannya agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

kesehatan-reproduksi-wanita

Hai ladies tahukan kamu apa itu kesehatan reproduksi ? kesehatan reproduksi yaitu keadaan kesehatan yang sempurna baik secara fisik, mental, sosial namun bukan berarti semata-mata terbebas dari berbagai penyakit atau kecacatan yang berhubungan dengan segala aspek fungsi, sistem serta proses reproduksi.

Jadi kesehatan reproduksi yaitu mencakup tentang segala hal-hal sebagai berikut, diantaranya :

-Hak setiap orang untuk memperoleh kehidupan seksual yang aman dan memuaskan sekaligus memiliki kapasitas untuk bereproduksi
-Hak kebebasan untuk memutuskan atau berapa kali melakukannya.
-Hak dari pria dan wanita untuk mnedapatkan informasi dan mendapatkan aksebilitas yang aman, efektif, terjangkau baik secara ekonomi maupun cultural.
-Hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang lengkap, sehingga para wanita berhak untuk mempunyai kesempatan untuk menjalani proses kehamilan yang aman.

Kenali sejak dini 4 golongan faktor yang berdampak buruk untuk kesehatan reproduksi, diantaranya sebagai berikut :

  • Faktor sosial – ekonomi dan demografi
  • Faktor budaya dan lingkungan
  • Faktor psikologis
  • Faktor biologis

Pentingnya menjaga kesehatan reproduksi berdampak pada proses kehamilan dan persalinan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan serta kesehatannya. Seperti berikut ini, disimak dengan baik ya ..

1.Perhatikan juga kebersihannya dengan rutin mengganti celana dalam minimal 2 sampai 3 kali sehari atau lebih jika dirasa tidak nyaman.

2.Hindari pemakaian sabun atau cairan pembersih pada vagina karena dapat menghilangkan bateri atau ph alaminya.

3.Hindari rasa keingin tahuan anda untuk melakukan hal yang dapat merusakan kesehatan alat reproduksi kalian terutama para remaja putri.

4.Basuhlah alat reproduksi anda dari arah depan kebelakang, hal ini bertujuan untuk menghindarkan kotoran anus terbawa pada daerah vagina.

5.Sangat penting mengganti pembalut secara rutin setiap 6 jam atau lebih ketika datang masa menskulasi.

6.Sebaiknya ketika tidur tidak menggunkan celana dalam, hal ini bertujuan agar sirkulasi udara dan sirkulasi darah menjadi lancar.

7.Hindari memakai panty liner secara rutin karena hal ini dapat memicu terjadinya iritasi atau alergi pada organ reproduksi bahkan dapat memicu terinfeksi penyakit kanker sarvink.

8.Kenali sejak dini tanda-tanda dari penyakit kelamin dan cara pencegahannya.

Oke ladies, terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel mengenai kesehatan reproduski remaja. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan membuat kalian semakin peka dalam menjaga kebersihan dan kesehatannya.
Sampai berjumpa dalam artikel berikutnya …

Add a Comment