Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan – Setiap wanita pasti akan mengalami yang namanya melahirkan dan mempunyaki anak, tetapi sebagian wanita ada yang merasa takut setelah melahirkan. Hal ini ini dikarenakan, biasanya tubuh wanita yang setelah melahirkan akan mengalami perubahan bentuk tubuh yang salah satunya pada bagian perut yang membesar dan kendor. Untuk mengembalikan bentuk tubuh kembali seperti semula, anda dapat melakukan perawatan tubuh. Lalu, bagaimana cara melakukan perawatan tubuh setelah melahirkan?

cara-mengecilkan-perut-setelah-melahirkan

Berikut ini merupakan beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan, diantaranya yaitu :

  • Menyusui

Setelah bayi dilahirkan, sang ibu wajib memberikan ASI petamanya dengan cara menyusuinya langsung. Pemberian ASI dapat memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi, karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ASI tidak akan ditemukan pada makanan lain. Selain itu, manfaat menyusui juga dapat dirasakan secara tidak langsung oleh sang ibu, karena dengan menyusui setiap hari dapat membantu mengurangi kadar kalori didalam tubuh sang ibu sekitar 5000 kalori setiap harinya.

  •  Mengatur pola makan

Setelah ibu melahirkan, sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan sehari-hari. Makanlah dengan porsi yang sedikit tetapi sering, ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan lemak dan kalori berlebih di dalam tubuh. Dengan begitu, maka berat tubuh anda akan terkontrol dan berangsur-angsur bentuk tubuh akan kembali normal.

  • Konsumsilah makanan-makanan yang rendah lemak dan kaya akan nutrisi

Hindari mengkonsumsi makanan yang berlemak dan memiliki kandungan kalori tinggi, konsumsilah makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, ikan, telur dan makanan rendah lemak lainnya. Selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi, cara ini juga dapat membantu anda membantu menurunkan berat tubuh anda.

  • Cukupi cairan tubuh dengan banyak minum air putih

Minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya sangat bermanfaat untuk membersihkan organ tubuh kita dari racun-racun yang mengendap didalam tubuh, terutama pada saluran pencernaan. Selain itu, minum air putih dapat membatu melancarkan saluran pencernaan yang secara tidak langsung dapat membantu melangsingkan tubuh anda.

  • Olahraga

Memiliki tubuh langsing tidak hanya dapat dilakukan dengan cara menjalankan program diet, tetapi juga harus di imbangi dengan rajin berolahraga secara rutin setiap hari. lakukanlah olahraga ringan seperti senam minimal, lari pagi dan olahraga ringan lainnya. Cara ini dapat mengencangkan otot-otot tubuh terutama pada bagian otot perut yang kendor.

  • Sering melakukan latihan otot perut

Lakukan latihan otot perut setiap hari dengan cara berbaring, lalu tarik perut bagian luar ke bagian dalam dengan cara mengkontraksikan oleh otot perut dan tahan selama beberapa menit. Lakukan secara berulang beberapa kali, sehingga secara berangsur-angsur perut akan kembali kencang. Selain itu, anda juga dapat melakukan latihan otot perut dengan cara berbaring di kasur atau di matras, lalu luruskan kedua kaki anda dan angkat turunkan kedua kaki secara perlahan dengan posisi kedua kaki tetap lurus. Lakukan secara berulang 4-5 kali dan lakukan setiap pagi dan sore hari.
Nah, itulah beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Semoga informasi ini dapat sedikit menambah pengetahuan anda, lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap hari.
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Add a Comment