Kenali Penyebab Rambut Bercabang Dan 8 Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Rambut Bercabang – Memiliki rambut yang panjang memang menjadi ciri khas tersendiri bagi setiap wanita. Akan tetapi, memiliki rambut yag panjang serta sehat bukan hal yang mudah bagi setiap wanita. Selalu saja ada masalah jika anda tidak benar-benar dalam melakukan perawatan terhadap rambut anda, contoh rambut akan mudah patah, kasar, kering, berminyak, rontok dan bercabang.

Cara-Mengatasi-Rambut-Bercabang-300x207

Nah, apakah anda memiliki masalah dengan rambut bercabang? Jika ya, apakah anda tahu penyebab rambut bercabang?

Penyebab rambut bercabang …

• Faktor pertama Kurangnya Nutrisi Rambut

Kurangnya nutrisi pada tubuh akan berdampak pada kerusakan kutikula serta menurunkan kemampuan untuk melindunginya, sehingga rambut akan mengalami kerusakan. Jika kutikula tidak mampu lagi membungkus komponen serat rambut, maka rambut akan mengalami pecah-pecah serta bercabang.

• Faktor Kedua adanya Gesekan Pada Rambut yang Berlebih

Hal ini dapat disebabkan oleh pengeringan rambut saat basah menggunakan handuk kasar untuk mengososk-gosok rambut secara berlebihan atau kasar dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut.

• Faktor Ketiga Penggunaan Alat dan Bahan Kimia Rambut
Menggunakan alat dan bahan kimia untuk styling rambut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut secara bertahap.

• Faktor Keempat Usia Rambut

Semakin panjang usia rambut makan usia rambut pun semakin tua yang terletak pada ujung rambutnya. Ujung rambut sangat rentan terhadap kerusakan rambut salah satunya rambut bercabang. Memiliki rambut yang panjang harus benar-benar selektif dalam perawatannya dibandingkan dengan rambut pendek.

• Faktor Terakhir yaitu Pengaruh Cuaca

Berada dalam paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, sehingga rambut akan mudah bercabang dan kering.

8 Cara mengatasi rambut bercabang …

1. Hindari Penggunaan Alat Pengering
Dalam hal ini sebaiknya anda menghindari pengeringan rambut dengan menggunakan hair dryer atau dengan menggosok-gosoknya dengan handuk. Karena hal tersebut hanya akan menyakiti rambut, sehingga rambut akan mudah rusak.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein
Rambut membutuhkan keratin agar dapat tumbuh dengan sehat, jika rambut kekurangan keratin makan akan mudah rusak. Hal ini dapat dilihat dari, jika warna kuku anda terlihat kusam itu artinya rambut kekurangan keratin. Karena kuku memiliki bahab utama yang sama dengan rambut. Protein dapat anda peroilah dari daging, kacang, susu, keju dll. Serta hindari konsumsi makanan yang lebih banyak mengandung kalori dan kolesterol.

3. Sabaiknya Hindari Pemakaian Air Panas & Paparan Sinar Matahari
Sebaiknya jangan terlalu sering membasuh rambut anda dengan menggunakan air panas, karena hal tersebut hanya akan merusakan kutikula dan folikel rambut. Dengan menggunakan air panas rambut akan rentan terhadap kerusakan.
Gunakan alat untuk melindungi rambut agar terhindar dari kerusakan rambut saat berada pada paparan sinar matahari. Jangan lupa gunakan swincap setiap akan berenang.

4. Gunakan Vitamin Untuk Menutrisi Rambut dari Luar
Hal ini bertujuan agar nutrisi rambut tidak hilang dan terhindar dari kerusakan seperti rambut bercabang dan kering.

5. Pilih Sisir Yang Bergigi Jarang, ketika akan menyisir rambut saat masih basah atau lembab. Karena menyisir saat basah memiliki resiko lebih dekat dengan rambut patah, rontok dan bercabang.

6. Manjakan Rambut Anda dengan Masker
Dalam hal ini anda dapat menggunakan bahan dan cara alami untuk melindungi rambut anda agar terhindar dari kerusakan. Gunakan bahan alami seperti lidah buaya, minyak kelapa, minyak zaitun, telur, madu dan lain-lain. Bahan tersebut bermanfaat untuk menutrisi rambut dan kulit kepala.

7. Anda dapat melakukan pemotongan rambut secara teratur setiap 4 sampai 6 minggu sekali, untuk menghilangkan rambut yang bercabang dan patah-patah. Cara ini sangat cocok terlebih untuk mengatasi atau memotong rambut anda dengan usia yang tua, agar terhindar dari rambut yang bercabang.

8. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih 8 gelas atau 2 liter setiap hari agar tubuh tidak dehidrasi.

Oke! sepertinya itulah beberapa cara mengatasi rambut bercabang. Semoga bermanfaat dan berhasil dalam mengcoab treatmen diatas.

One Response

Add a Comment