Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Hidup sehat dengan olahraga, sudahkan anda lakukan? Ya, olahraga merupakan aktifitas sehat yang menguntungkan. Salah satunya sebagian cara cepat  menurunkan berat badan. Berat badan yang ideal merupakan idaman setiap orang termasuk saya juga, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan itu semua.

cara-cepat-menurunkan-berat-badan

Berat badan yang berlebih dapat merugikan diri sendiri, hal ini bukan tanpa alasan melainkan karena berat badan berlebih atau obesitas merupakan sumber dari sejumlah penyakit. Seperti diabetes, hipertenti, jantung, stroke dan lain-lain. Cara menurunkan berat badan dapat dimuali dari diri anda sendiri, yaitu dengan merubah pola atau gaya hidup yang lebih sehat.

Tips cara menurunkan berat badan, diantaranya sebagai berikut :

  • 1.Turunkan Berat Badan dengan Olahraga

Olahraga merupakan cara efektif untuk menurunkan berat badan berlebih yang didukung dengan pola makan. Kedua hal ini merupakan cara yang selalu berdampingan untuk mendapatkan berat badan ideal. Aktifitas olahraga dapat membakar kalori dan lemak yang berlebih sehingga lama kelama akan menyusut. Luangkan setidaknya 30 sampai 45 menit setiap hari untuk berolahraga seperti jogging, senam aerobic, push up dll. Intensitas olahraga dapat ditambah sesuai dengan kemampuan anda.

  • 2.Turunkan Berat Badan dengan Diet Sehat

Selain melakukan olahraga, konsumsi makanan yang masuk kedalam tubuh pun harus terkontrol atau terkendali. Hindari makanan berlemak, kurang serat, berminyak, kolesterol, karbohidrat tinggi serta hindari junk food atau fast food. Perbanyaklah makanan yang lebih banyak mengandung serat seperti buah-buahan segar, sayuran segar, biji-bijian, kacang-kacangan. Serat berfungsi untuk melancarkan fungsi usus menjadi lebih lancar. Selain itu juga, sebaiknya mengolah makanan dengan cara direbus karena jauh lebih sehat.

  • 3.Atur Porsi Makan

Makan sehari 3 kali akan tetapi dengan porsi atau jumlah yang teratur. Kurangi porsi makanan berkarbohidrat tinggi, seperti mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih banyak mengandung serat. Kurangi takaran dari satu centong menjadi ½ centong dan perbanyak sayuran.

  • 4.Hindari Ngemil

Ngemil merupak salah satu cara agar tubuh menjadi gemuk. Sebaiknya hindari ngemil karena kalorinya jauh lebih banyak dibandingkan dengan satu porsi nasi.

  • 5.Konsumsi Air Putih

Air putih memiliki peranan yang begitu besar dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya sebagai metabolisme tubuh. Penuhi konsumsi air putih dapat melancarkan metabolisme tubuh, sehingga lemak dan kalori tidak mengendap didalm tubuh. Jangan lupa untuk mengkonsumsi secara teratur air 2 liter setiap harinya.
Selain itu juga hindari minuman bersoda karena dalam 1 botol kecil minuman tersebut terdapat 250 kalori yang berasal dari gula. Tentu saja hal ini tidak sehat !!!

  • 6.Istirahat Teratur

Tidur berlebih memang memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan serta kecantikan kulit. Bergadang atau kurang tidur beresiko memiliki berat badan berlebih dibandingkan orang dengar tidur yang cukup (7 sampai 8 jam setiap hari). Karena berdagang memiliki pontensi besar untuk makanan atau pun ngemil dimalam hari.

  • 7.Control Emosi

Emosi berlebih atau stres dapat mendorong nafsu makan berlebih sehingga menyebabkan obesitas. Cara berpikir yang sehat dapat menunjang keberhasilan dalam melakukan program diet.

 

8.Konsumsi Rempah-Rempah
Indonesia terkenal akan rempah-rempah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat melancarkan metabolisme didalam tubuh. Seperti kunyit, gingseng, jahe, jintan. Kayu manis, kapulaga.

Demikianlah tips sederhana mengenai cara cepat menurunkan berat badan secara alami yang dapat dengan mudah anda lakukan. Semoga bermanfaat slamat mencob!

Add a Comment